Melawat ke London, Anies Jajakan Proyek MRT hingga Bahas Masalah Iklim

Ameidyo Daud Nasution
16 Mei 2022, 16:27
anies, mrt, inggris, jakarta
Antara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Desra Percaya menyaksikan MoU antara PT MRT Jakarta dengan Crossrail. Foto: Antara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah melakukan kunjungan kerja ke Inggris sepanjang pekan ini. Sejumlah agenda yang dihadirinya banyak berhubungan dengan elektrifikasi kendaraan umum serta pengurangan emisi di ibu kota.

Tak hanya itu, ia sempat menjajakan peluang investasi dua proyek MRT yakni fase 3 koridor Timur-Barat dan fase 4 Fatmawati-TMII pada delapan perusahaan asal Negeri Elizabeth. Delapan perusahaan yang mendengarkan pemaparan adalah Corssrail International, Arup, Colas Rail, XRail Group, BDP International, Alstom, Mott MacDonald, dan Standard Chartered Bank.

Advertisement

"Kami ingin membangun  transportasi publik yang dapat mencakup seluruh area di Jakarta yang terintegrasi satu sama lain," kata Anies dalam keterangan tertulis, Minggu (16/5) seperti dikutip dari Antara.

Selain itu Anies sempat menggelar pertemuan bilateral dengan Chief Executive Bloomberg New Energy Finance (BloombergNEF) John Moore. Pertemuan tersebut membahas kemungkinan BloombergNEF mengarahkan investasi yang bisa mempercepat transisi ramah lingkungan di Jakarta.

"Ditandai penandatanganan MoU kerja sama antara PT Transportasi Jakarta dan BloombergNEF," kata Anies dalam unggahannya di Instagram, Minggu (16/5).

Dalam kesempatan tersebut, Moore juga sempat mengajak Anies berkeliling markas Bloomberg di Eropa. Gedung tersebut dirancang oleh arsitek Foster + partners dan merupakan salah satu perkantoran paling ramah lingkungan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement