Data Imunisasi Anak Terekam Digital dan Bisa Diakses di PeduliLindungi

Image title
19 Mei 2022, 14:02
pedulilindungi, imunisasi, anak
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Warga membuka aplikasi PeduliLindungi untuk mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19 internasional di Jakarta, Senin (31/1/2022). Foto: Antara.

Kementerian Kesehatan mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 di halaman Gedung Daerah, Kepulauan Riau pada Rabu (18/5). Dalam kesempatan tersebut, Kemenkes juga sekaligus meluncurkan uji coba aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK).

ASIK merupakan bagian dari langkah Kemenkes RI untuk membantu para tenaga kesehatan mencatat data pasien yang lebih efisien dan terintegrasi dalam satu database di PeduliLindungi.

Nantinya, anak-anak yang sudah mendapatkan imunisasi akan terekam digital di ASIK dan PeduliLindungi. Hal ini akan memudahkan orang tua untuk mengakses data imunisasi anak.

“Hari ini kami launching dan sudah digunakan Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) untuk melakukan pencatatan data imunisasi anak secara digital,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu saat pencanangan BIAN 2022 di Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (18/5).

Berdasarkan data Kemenkes, terdapat 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap selama pandemi Covid-19. Terbanyak berasal dari Jawa Barat, disusul Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan DKI Jakarta. 

Oleh sebab itu, aplikasi ini diharapkan bisa membantu upaya Kemenkes dalam meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap bagi anak yang turun selama pandemi Covid-19. 

Halaman:
Reporter: Dudi Sholachuddin Triambudi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...