Mantan Ketua Umum Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia

Ameidyo Daud Nasution
27 Mei 2022, 10:58
Syafii Maarif, Muhamamdiyah, meninggal dunia
Biro Setpres
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Buya Syafii Maarif di Sleman, Yogyakarta tanggal 26 Maret lalu.

Kabar duka datang dari Pengurus Pusat Muhammadiyah. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat (27/5) pukul 10.15 WIB.

Buya Syafii, panggilan akrabnya, berpulang usai dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta. Meninggalnya Syafii juga dikabarkan langsung dari laman Muhammadiyah.

“Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do’a dari semuanya,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di laman Muhammadiyah, Jumat (27/5).

Buya Syafii beberapa waktu lalu sempat dirawat karena sakit. Bahkan, Presiden Joko Widodo sempat menjenguk Syafii di kediamannya, Sleman, Yogyakarta pada 26 Maret lalu.

Jokowi saat itu mengatakan senang dengan kondisi Syafii yang semakin baik. Presiden lalu meminta masyarakat mendoakan kesehatan tokoh tersebut.

"Saya mendengar beliau beberapa minggu yang lalu dirawat di rumah sakit," kata Jokowi usai menjenguk Buya Syafii.

Ahmad Syafii Maarif merupakan Ketua Umum ketiga belas PP Muhammadiyah yang menjabat dari tahun 1998 hingga 2005. Selain itu ia juga pernah menjadi Presiden World Conference on Religion for Peace serta pendiri Maarif Institute.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...