Buya Syafii Maarif Meninggal, Jokowi: Selamat Jalan Guru Bangsa

Jokowi sempat menjenguk Buya Syafii Maarif pada bulan Maret lalu.
Ameidyo Daud Nasution
27 Mei 2022, 13:23
jokowi, syafii maarif, muhammadiyah
Biro Setpres
Presiden Joko Widodo saat menjenguk Ahmad Syafii Maarif di Sleman pada 26 Maret lalu.

Presiden Joko Widodo mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif. Jokowi mengatakan Syafii merupakan tokoh bangsa yang sangat dicintai.

Presiden juga berharap segala amal ibadah Syafii diterima oleh Tuhan. Selain itu ia berharap keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan.

"Selamat jalan, Sang Guru Bangsa," kata Jokowi dalam unggahan di akun Instagramnya, Jumat (27/5).

 Jokowi juga menceritakan pertemuan terakhirnya dengan Buya Syafii Maarif dua bulan lalu. Saat itu Syafii baru keluar dari rumah sakit usai menjalani perawatan selama beberapa hari.

"Saat itu beliau terlihat sehat dan bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii," kata Jokowi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat (27/5) pukul 10.15 WIB. Ia berpulang usai dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta. 

“Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im.,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di laman Muhammadiyah, Jumat (27/5).

Ahmad Syafii Maarif merupakan Ketua Umum ketiga belas PP Muhammadiyah yang menjabat dari tahun 1998 hingga 2005. Selain itu ia juga pernah menjadi Presiden World Conference on Religion for Peace serta pendiri Maarif Institute.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait