Jokowi Akan Dikawal 39 Paspampres Bersenjata Laras Panjang di Ukraina

Ameidyo Daud Nasution
23 Juni 2022, 15:34
jokowi, ukraina, paspampres
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pembukaan perayaan HUT ke-50 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Presiden Joko Widodo akan mengunjungi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow akhir bulan ini. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menyiapkan sekurangnya 39 personel untuk mengawal kunjungan Jokowi ke Kyiv.

Pasukan tersebut terdiri dari 10 personel tim penyelamatan, 19 personel grup utama, serta 10 personel tim pendahulu yang berangkat ke Kyiv pada hari ini. Mereka juga dilengkapi senjata laras panjang, pelindung kepala, serta rompi antipeluru.

"Dari pihak Ukraina sudah memberi kami keleluasaan untuk membawa laras panjang," kata Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kamis (23/6) dikutip dari Antara.

 Jokowi diagendakan akan menumpang kereta api menuji Kyiv. Presiden juga akan dikawal oleh militer Ukraina, namun dengan jumlah yang dibatasi oleh Paspampres.

"Komunikasi dan koordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan mereka (Ukraina) sudah dilakukan," kata Tri.

Paspampres juga telah mendeteksi kerawanan wilayah Kyiv. Tri mengatakan wilayah yang dikunjungi Jokowi masih aman karena berjarak 380 kilometer dari ledakan terdekat di Kota Donetsk.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...