Kunjungi Eropa, Jokowi Akan Berusaha Hentikan Perang Ukraina-Rusia

Ameidyo Daud Nasution
26 Juni 2022, 11:06
jokowi, ukraina, rusia
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022). Rapat kabinet paripurna tersebut membahas antisipasi krisis pangan dan energi.

Presiden Joko Widodo bertolak ke empat negara pada Minggu (26/6) pagi. Jokowi mengatakan perjalanannya kali ini membawa misi perdamaian di Ukraina dan mencari solusi menghadapi krisis pangan.

Jokowi akan terbang ke Jerman untuk hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7. Dalam forum tersebut, Presiden akan mengajak negara-negara G7 untuk mengupayakan perdamaian di Ukraina.

Advertisement

"Tidak mudah, tapi Indonesia akan terus berupaya," kata Jokowi dalam konferensi pers di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (26/6).

 Usai berkunjung ke Jerman, Jokowi akan bertolak ke Ukraina untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan mengajak Zelensky untuk membuka dialog perdamaian .

"Karena perang harus dihentikan karena yang berkaitan rantai pasok pangan harus aktif lagi," kata Presiden.

Setelah itu Jokowi akan datang ke Rusia dan bertemu Presiden Vladimir Putin. Misinya tetap sama, mengajak kedua negara berdialog demi menghentikan perang yang berkecamuk sejak Februari 2022 tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement