Kyiv Dihantam Rudal Rusia Jelang Kunjungan Jokowi ke Ukraina

Ameidyo Daud Nasution
26 Juni 2022, 14:50
kyiv, ukraina, jokowi, rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Valentyn Ogirenko/WSJ/dj
Ilustrasi hancurnya gedung tempat tinggal di luar Kyiv, Ukraina, Jumat (29/4/2022).

Ibu kota Ukraina, Kyiv, dihantam serangan rudal pada Minggu (26/6). Serangan ini terjadi hanya beberapa hari sebelum Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Ledakan terjadi di distrik Shevchenkivskyi pukul 06.30 waktu setempat. Distrik ini merupakan lokasi dari beberapa universitas, restoran, hingga galeri seni.

Advertisement

"Ambulans dan tim penyelamat dikerahkan ke tempat kejadian. Warga sedang dievakuasi dari dua bangunan," kata Wali Kota Kyiv Vitali Klistchko pada Minggu (26/6) dikutip dari Deutsche Welle.

Klitschko mengatakan upaya penyelamatan tengah berlangsung kepada orang yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan. Seorang anak berusia tujuh tahun juga telah diselamatkan dari puing-puing bangunan yang dihantam rudal.

Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Ukraina, Anton Herashchenko mengatakan rudal Rusia menghantam sebuah gedung apartemen sembilan lantai. Rudal lain yang ditembakkan meledakkan sebuah taman kanak-kanak.

Adapun perang di wilayah Ukraina Timur hingga saat ini masih berlangsung. Bahkan Rusia telah menduduki kota Severodonetsk usai beberapa pekan pertempuran.

Jatuhnya Severodonetsk merupakan kemenangan terbesar Rusia usai merebut Mariupol di tepi Laut Azov bulan lalu. "Kota ini telah dikuasai sepenuhnya oleh Rusia," kata Wali Kota Severodonetsk Olksandr Stryuk.

Kota ini berada di wilayah Luhansk yang diperebutkan Rusia dengan Ukraina. Adapun pertempuran terjadi antara tentara Ukraina dengan milisi Republik Rakyat Luhansk (LPR) yang dibantu tentara Rusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement