Daftar Negara yang Telah Lolos Piala Dunia U20 Indonesia, Israel Masuk

Israel akan melakoni Piala Dunia U-20 perdananya tahun depan. Negara lain yang lolos adalah Inggris hingga Prancis.
Ameidyo Daud Nasution
26 Juni 2022, 17:19
Foto aerial Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang diperuntukkan untuk venue Piala Dunia U-20 2023 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (15/3/2022).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Foto aerial Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang diperuntukkan untuk venue Piala Dunia U-20 2023 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (15/3/2022).

Indonesia akan menggelar Piala Dunia U-20 pada tahun depan. Hingga saat ini, beberapa negara sudah dipastikan akan berlaga di helatan sepakbola usia junior itu.

Terbaru, Israel dipastikan lolos ke Indonesia usai mencapai semifinal Piala Eropa U-19 tahun ini.  Israel sekaligus menjadi negara yang akan menjalani debut pada Piala Dunia U-20 tahun depan.

Negara tersebut lolos ke semifinal lantaran menempati peringkat dua di Grup B. Adapun Inggris memuncaki grup yang juga diisi oleh Serbia dan Austria itu.

Meski kalah dari Inggris pada laga terakhir, Israel tetap menempati posisi kedua. Ini lantaran Serbia yang berada di posisi ketiga dikalahkan Austria di pertandingan hari Sabtu (26/6).

Advertisement

Empat tim yang berhasil menembus semifinal otomatis mendapatkan tiket ke Indonesia. Sedangkan tiga negara lain yang telah lolos adalah Italia, Inggris, dan Prancis. Satu tiket lain akan diperebutkan Austria dan Slovakia lewat laga play-off.

Ditambah Indonesia sebagai tuan rumah, berarti hingga saat ini baru ada lima negara yang dipastikan berlaga pada Piala Dunia U-20 tahun depan.

Adapun 18 negara lain masih akan berkompetisi untuk mendapatkan tiket ke Indonesia tahun depan. Kualifikasi akan digelar dengan format kejuaraan yang digelar konfederasi sepakbola masing-masing wilayah.

Piala Dunia U-20 akan digelar pada 20 Mei 2023 hingga 11 Juni 2023. Hal tersebut merupakan keputusan Biro Dewan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

"Tanggal penting bagi bangsa Indonesia karena bertepatan Hari Kebangkitan Nasional," kata Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Mochamad Iriawan pada 24 Juni lalu dikutip dari Antara.

Indonesia menyiapkan sepuluh stadion sepak bola untuk menggelar Piala Dunia U-20. Stadion tersebut adalah Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), dan Mandala Krida (Yogyakarta).

Kemudian, ada Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Sedangkan Argentina merupakan negara yang paling sering memenangkan Piala Dunia U-20 dengan enam gelar. Adapun, negara terakhir yang memenangkan kompetisi ini adalah Ukraina pada 2019 lalu.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait