Unair Mulai Uji Tahap Tiga Vaksin Merah Putih, Libatkan 4.000 Peserta

Ameidyo Daud Nasution
27 Juni 2022, 18:04
vaksin, vaksin merah putih, covid-19
ANTARA FOTO/Moch Asim/rwa.
Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito menyampaikan sambutan saat "Kick Off" Uji Klinik Fase 3 Vaksin Merah Putih di Aula Fakultas Kedokteran Unair di Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/6/2022).

Universitas Airlangga telah memulai uji klinis fase tiga Vaksin Merah Putih hari ini. Pengujian dimulai setelah Unair mendapatkan lampu hijau dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Uji klinis ini juga akan melibatkan ribuan peserta dan akan dilakukan selama enam bulan. Peneliti akan mendapatkan hasil 28 hari usai injeksi kedua.

"Ada 4.005 subjek yang disiapkan mengikuti penelitian," kata peneliti utama Vaksin Merah Putih Unair Dominicus Husada di Surabaya, Senin (27/6) dikutip dari Antara.

Dominicus mengatakan uji ini akan diarahkan untuk mengukur tingkat keamanan vaksin namun tanpa menyertakan angka efikasi. Hal ini berdasarkan pedoman baru yang telah diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Pedoman itu dikeluarkan seiring melandainya kasus Covid-19 yang membuat ilmuwan kesulitan menetukan efikasi dalam penelitian vaksin," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...