Jejak Holywings dari Kedai Nasi Goreng hingga Terbelit Muhammad-Maria

Patricia Yashinta Desy Abigail
29 Juni 2022, 13:50
holywings, ivan tanjaya, agama
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.
Satpol PP berjaga saat melakukan penyegelan outlet Holywings di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Holywings tengah menjadi perbincangan masyarakat luas karena kasusnya yang viral hingga ditutup oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Namun, ini bukan pertama Holywings terseret masalah. Sebelumnya, Holywings harus berurusan dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta sebab melanggar PPKM level 3 yang membuat Holywings Kemang dan Kuningan disegel pada 5 September 2021. 

Namun bagaimana perjalanan Holywings menjadi besar hingga saat ini? 

Dikutip dari beberapa sumber, Holywings awalnya merupakan sebuah restoran nasi goreng yang bernama Kedai Opa pada 2014. Pemiliknya adalah Ivan Tanjaya dengan beberapa temannya. 

Ivan sendiri sebelum membuka kedai nasi goreng sempat menjajal bisnis lain seperti Polaroid Instax hingga jasa pengiriman barang namun tak bertahan lama. 

Seperti bisnis Ivan sebelumnya, penjualan nasi goreng tersebut tak juga bertahan lama, kali ini karena tak menghasilkan keuntungan hingga bulan ketiga. Alhasil ia dan kawan-kawannya segera mengubah bisnis dengan bergeser pada restoran dan bar. 

Ivan memberi nama Holywings dengan harapan agar selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat dan dapat maju ke depannya. Awalnya, pria asal Sulawesi Tengah ini melihat ada restoran lain yang bernama Holycow yang setiap buka cabang dan selalu ramai.

Lalu dibuat nama Holywings dengan visi menjadi perusahaan di bidang food and beverage yang unggul dalam makanan, minuman, serta entertainment. Konsepnya meniru model bar serupa yang ada di Beijing, Cina.

Lokasi tempat hiburan ini berada di Kelapa Gading, sama dengan Kedai Opa. Meski awalnya sepi, namun belakangan Holywings Kelapa Gading menjadi ramai pengunjung. Ivan dan rekan-rekannya lalu membuka outlet kedua pada tahun 2016 di daerah Pantai Indah Kapuk.

IZIN USAHA HOLYWINGS DI JAKARTA DICABUT
IZIN USAHA HOLYWINGS DI JAKARTA DICABUT (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.)

Bisnis semakin moncer, setahun berikutnya Holywings membuka tiga gerai baru di Makassar, Medan, dan Surabaya. Selain itu mereka juga membuka gerai lain di Gading Serpong, Gunawarman,  Bandung, Old Temple, hingga Pondok Indah hingga 2020 lalu.

Tak hanya itu, Ivan Cs juga menggandeng selebriti Nikita Mirzani serta pengacara Hotman Paris untuk menjadi komisaris Holywings. Hotman, saat itu juga mengatakan gerai tempat hiburan ini akan bertambah hingga 50 lokasi.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...