Penampakan Jokowi Dikawal Pasukan Bersenjata Laras Panjang di Ukraina

Ameidyo Daud Nasution
29 Juni 2022, 18:20
jokowi, ukraina, perang
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Central Kyiv, Ukraina. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Ada yang berbeda dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kyiv, Ukraina. Jokowi tampak dikawal rombongan tentara bersenjata laras panjang dan berpakaian tempur.

Pengawal dari Ukraina mengenakan seragam bebas dengan kemeja dan menggunakan senapan laras panjang. Mereka juga dilengkapi pin bendera Ukraina dan Indonesia.

Sedangkan beberapa Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang melekat langsung Jokowi mengenakan senapan serta memakai helm dan rompi berwarna hitam. Terlihat pula sebuah kamera di atas helm mereka.

Pengawalan dengan senjata laras panjang telah dilakukan sejak Jokowi berangkat dari stasiun Przemysl, Polandia. Presiden menuju Kyiv dengan menumpangi kereta luar biasa yang disediakan Ukraina.

PRESIDEN JOKO WIDODO TIBA DI KYIV
PRESIDEN JOKO WIDODO TIBA DI KYIV (ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev/Handout/sgd/foc.)

Belum jelas pasukan apa yang digunakan Ukraina untuk mengawal Jokowi. Sedangkan Paspampres menyiapkan 39 personel untuk mengawal kunjungan Presiden ke Kyiv.

Pasukan tersebut terdiri dari 10 personel tim penyelamatan, 19 personel grup utama, serta 10 personel tim yang lebih dulu berangkat. "Dari pihak Ukraina sudah memberi kami keleluasaan untuk membawa laras panjang," kata Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo pada 23 Juni lalu.

Paspampres juga telah mendeteksi kerawanan wilayah Kyiv. Tri mengatakan wilayah yang dikunjungi Jokowi masih aman karena berjarak 380 kilometer dari peperangan di wilayah Donetsk.

"Kami juga tidak terlalu khawatir karena (di dalam) Paspampres ini ada dari Kopassus, Denjaka, dan Paskhas," ujarnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...