Jusuf Kalla Kenang Tjahjo Kumolo: Telah Membaktikan Diri Pada Bangsa

Ameidyo Daud Nasution
1 Juli 2022, 15:11
tjahjo kumolo, jusuf kalla, meninggal
ANTARA FOTO/Reuters/Carlo Allegri/hp/wsj. Indonesia's Vice-President Jusuf Kalla speaks during the 2019 United Nations Climate Action Summit at U.N. headquarters in New York City, New York, U.S., September 23, 2019. REUTERS/Carlo Allegri
Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla menyampaikan pidato pada United Nations Climate Action Summit 2019 dalam rangkaian Sidang Umum PBB ke-74 di markas besar PBB, New York, Amerika Serikat, Senin (23/9/2019) waktu setempat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB. Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla menyampaikan duka mendalam dan mengenang mantan anak buahnya tersebut di kabinet.

Bagi Kalla, Tjahjo adalah orang yang selalu membaktikan dirinya kepada bangsanya. Kalla juga meminta masyarakat untuk mendoakan mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan itu.

"Semoga amal perbuatan almarhum mendapatkan balasan kebaikan dari Allah SWT, Saya juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mendoakan almarhum," kata Kalla dalam keterangan tertulis, (1/7).

 Tjahjo sempat menjadi bawahan Kalla di Kabinet Kerja pada 2014 hingga 2019. Saat itu politisi PDI Perjuangan itu menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Tjahjo berpulang usai dirawat karena mengalami infeksi pada paru-paru. Selama Tjahjo sakit, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD untuk menjabat sebagai Menpan RB ad interim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...