Jokowi - Ma'ruf Puji Tjahjo Kumolo: Tenang, Rajin, dan Sederhana

Ameidyo Daud Nasution
1 Juli 2022, 17:09
jokowi, tjahjo kumolo, ma'ruf amin
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Presiden Joko Widodo kembali memberikan pernyataan soal meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. Dari Abu Dhabi, Jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Tjahjo. 

Jokowi mengatakan Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana serta menjadi tokoh teladan yang nasionalis. "Serta setia kepada bangsa dan negara," kata Jokowi dalam video yang diunggah oleh Sekretariat Presiden, Jumat (1/7).

Oleh sebab itu, Presiden berharap Tjahjo mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan. Tak lupa, ia berharap keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan.

Pujian juga diberikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat melayat ke Kemenpan RB. Ma'ruf mengatakan Tjahjo adalah sosok menteri yang rajin membuat laporan rutin berupa buku. "Rajin sekali, laporannya banyak," kata Wapres seperti disiarkan dari Kompas TV.

Bahkan, di tengah kondisi sakitnya Tjahjo sempat berinisiatif membuat acara terkait Mal Pelayanan Publik pada Selasa (1/7). Ma'ruf, Kapolri, hingga sejumlah gubernur juga sempat menghadiri acara tersebut meski sang menteri absen karena sakit.

TJAHJO KUMOLO
TJAHJO KUMOLO (ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.)

"Beliau dalam keadaan sudah agak sakit membuat pertemuan untuk mempercepat mal pelayanan publik," katanya.

Ma'ruf bahkan sempat memimpin salat jenazah di Kemenpan RB. Saat ini jenazah politisi PDI Perjuangan itu sedang dibawa ke Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata untuk dimakamkan.

Tjahjo berpulang usai dirawat karena mengalami infeksi pada paru-paru. Selama Tjahjo sakit, Jokowi telah menunjuk Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD untuk menjabat sebagai Menpan RB ad interim.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...