Lewat Upacara Militer, Jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo Dimakamkan

Ameidyo Daud Nasution
1 Juli 2022, 17:58
tjahjo kumolo, menpan rb, meninggal
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Sejumlah kerabat mengangkat peti jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo untuk disalatkan di Rumah Duka, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo dimakamkan pada Jumat (1/7) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Pemakaman Tjahjo dilaksanakan lewat prosesi militer yang dimulai pukul 17.20 WIB. Upacara dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno selaku Inspektur Upacara.

"Atas nama negara, bangsa, dan TNI, dengan ini saya mempersembahkan ke persada ibu pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa almarhum," kata Pratikno dalam siaran Kompas TV, Jumat (1/7).

Setelah itu, Pratikno membacakan riwayat singkat Tjahjo dan diakhiri penyerahan jenazah untuk dimakamkan. Personel TNI lalu menembakkan tembakan salvo dan menurunkan jenazah untuk dimakamkan.

Usai pemakaman, pihak keluarga lalu melakukan prosesi tabur bunga di pusara Tjahjo dengan diiringi lagu 'Gugur Bunga'. 

Hadir dalam pemakaman, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani, mantan Ketua DPR Akbar Tandjung, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Tjahjo berpulang usai dirawat karena mengalami infeksi pada paru-paru. Selama Tjahjo sakit, Jokowi telah menunjuk Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD untuk menjabat sebagai Menpan RB ad interim.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...