Mahfud Sebut Jokowi Telah Kantongi Nama Pengganti Tjahjo Kumolo

PDIP dan partai koalisi mengaku belum membicarakan nama pengganti Tjahjo Kumolo karena masih dalam suasana duka.
Ameidyo Daud Nasution
4 Juli 2022, 14:09
tjahjo kumolo, jokowi, mahfud
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/YU
Menko Polhukam yang juga Ketua Dewan Penasehat DPP Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) Mahfud MD menyampaikan orasi kebangsaan saat menghadiri pelantikan pengurus DPW dan Delapan DPD IKA UII wilayah Sumatera Selatan periode 2021-2026 di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (18/6/2022).

Jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang definitif masih kosong usai wafatnya Tjahjo Kumolo. Namun Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolkam) Mahfud MD mengatakan Presiden Joko Widodo telah mengantongi nama calon Menpan RB.

Mahfud mengatakan bahwa Jokowi telah memiliki penilaian yang lengkap untuk memilih figur menteri. Adapun saat ini mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu merupakan Menpan-RB ad interim.

"Sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu belasungkawa," kata Mahfud di Jakarta, Senin (4/7) dikutip dari Antara. Meski demikian Mahfud belum menyebutkan nama calon Menpan RB berikutnya.

Adapun PDI Perjuangan belum memikirkan nama pengganti Tjahjo. Hal ini lantaran mereka masih dalam masa berduka usai ditinggal salah satu kader senior kader partai banteng tersebut.

Advertisement

"Karena Pak Tjahjo ini tokoh yang mengabdi untuk bangsa dan negara serta senior partai yang benar-benar membantu Ibu Megawati membesarkan PDI Perjuangan," kata Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat di DPP PDIP, Jakarta, Senin (4/7).

PDIP juga menyerahkan kepada Jokowi nama pengganti Tjahjo. Djarot juga mengklaim sejak awal partainya tak pernah mengusulkan nama-nama ke Presiden.

"Serahkan semua kepada Pak Jokowi untuk kebaikan negeri ini," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

PEMAKAMAN TJAHJO KUMOLO
PEMAKAMAN TJAHJO KUMOLO (ANTARA FOTO/Budi Prasetiyo/wsj/YU)

 

Begitu pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang mengatakan belum ada pembicaraan posisi MenpanRB di antara partai-partai koalisi. Hal ini lantaran suasana duka lantaran Tjahjo baru saja berpulang.

"Jadi agak kurang elok membicarakan hal tersebut," kata Airlangga.

Tjahjo Kumolo meninggal pada Jumat (1/7) lalu di Rumah Sakit Abdi Waluyo. Ia berpulang usai dirawat karena komplikasi penyakit dan infeksi paru-paru.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait