Mahfud Sebut Jokowi Telah Kantongi Nama Pengganti Tjahjo Kumolo

Ameidyo Daud Nasution
4 Juli 2022, 14:09
tjahjo kumolo, jokowi, mahfud
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/YU
Menko Polhukam yang juga Ketua Dewan Penasehat DPP Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) Mahfud MD menyampaikan orasi kebangsaan saat menghadiri pelantikan pengurus DPW dan Delapan DPD IKA UII wilayah Sumatera Selatan periode 2021-2026 di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (18/6/2022).

Jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang definitif masih kosong usai wafatnya Tjahjo Kumolo. Namun Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolkam) Mahfud MD mengatakan Presiden Joko Widodo telah mengantongi nama calon Menpan RB.

Mahfud mengatakan bahwa Jokowi telah memiliki penilaian yang lengkap untuk memilih figur menteri. Adapun saat ini mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu merupakan Menpan-RB ad interim.

"Sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu belasungkawa," kata Mahfud di Jakarta, Senin (4/7) dikutip dari Antara. Meski demikian Mahfud belum menyebutkan nama calon Menpan RB berikutnya.

Adapun PDI Perjuangan belum memikirkan nama pengganti Tjahjo. Hal ini lantaran mereka masih dalam masa berduka usai ditinggal salah satu kader senior kader partai banteng tersebut.

"Karena Pak Tjahjo ini tokoh yang mengabdi untuk bangsa dan negara serta senior partai yang benar-benar membantu Ibu Megawati membesarkan PDI Perjuangan," kata Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat di DPP PDIP, Jakarta, Senin (4/7).

PDIP juga menyerahkan kepada Jokowi nama pengganti Tjahjo. Djarot juga mengklaim sejak awal partainya tak pernah mengusulkan nama-nama ke Presiden.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...