Jokowi Instruksikan Panglima TNI hingga Kapolri Pacu Vaksinasi Booster

Jokowi memprediksi puncak kasus Covid-19 akan terjadi pada pekan kedua dan ketiga Juli 2022.
Ameidyo Daud Nasution
4 Juli 2022, 17:40
jokowi, polisi, tni, booster
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato saat memimpin Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk mewaspadai Covid-19 yang tengah meningkat. Jokowi juga memerintahkan agar vaksinasi dosis ketiga alias booster digenjot lagi.

Presiden juga memberikan arahan secara khusus kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal TNI Andika Perkasa, Kementerian Kesehatan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana mendorong booster.

"Terutama di kota yang memiliki tingkat interaksi masyarakat tinggi," kata Jokowi dalam rapat terbatas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/7) dikutip dari Antara.

 

Advertisement

Hal ini sejalan dengan penularan Covid-19 BA.4 dan BA.5. Jokowi memprediksi puncak penularan subvarian Omicron itu akan terjadi pada pekan kedua atau ketiga Juli 2022.

Oleh sebab itu ia memerintahkan agar para menteri kembali menggaungkan pelaksanaan protokol kesehatan. Jokowi tak ingin, penularan Covid-19 malah berdampak jauh pada kondisi Indonesia saat ini.

"Kita tidak mau pengendalian Covid-19 mengganggu ekonomi," ujarnya.

Jokowi akan menjadikan vaksinasi dosis ketiga atau booster menjadi syarat kegiatan masyarakat hingga perjalanan. Hal ini lantaran angka pemberian vaksin tersebut masih rendah di tengah penularan Covid-19 yang meningkat

Hal tersebut merupakan arahan Jokowi kepada para menteri pada rapat terbatas soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Senin (4/7). Jokowi meminta jajarannya segera mencari cara untuk meningkatkan angka booster.

"Arahannya di bandara juga disiapkan vaksinasi dosis ketiga," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Senin (4/7).

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait