ACT Kumpulkan Rp 60 Miliar Tiap Bulan, Dipotong hingga 20% untuk Gaji

Image title
11 Juli 2022, 17:19
act, donasi, polisi
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.
Suasana kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulsel di, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/7/2022).

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melanjutkan penyelidikan mereka atas donasi yang dikumpulkan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Dari hasil penyelidikan Tim Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal, ACT mengumpulkan sebanyak Rp 60 miliar setiap bulan dari donasi oleh berbagai sumber.

Beberapa sumber yang dimaksud, di antaranya masyarakat umum, donasi kemiteraan, perusahaan nasional dan internasional, donasi institusi atau kelembagaan non-korporasi, komunitas, serta dari anggota lembaga.

Advertisement

Pada saat pengelolaan, donasi-donasi yang telah terkumpul langsung dipangkas oleh ACT sebesar 10-20% untuk gaji pengurus hingga karyawan. Nilai tersebut setara dengan Rp 6 miliar hingga Rp 12 miliar setiap bulannya. 

“Sedangkan pembina dan pengawas juga mendapatkan dana operasional yang bersumber dari potongan donasi tersebut,” ujar Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Nurul Azizah dalam konferensi pers di Mabes Polri pada Senin (11/7).

Tim penyidik juga menemukan fakta bahwa ACT memanfaatkan sebagian besar dana corporate social responsibility (CSR) oleh pihak Boeing. Dana tersebut diketahui merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban kepada 68 ahli waris korban kecelakaan pesawat Lion Air Boeing JT-610 yang jatuh pada tahun 2018 silam.

Diketahui dana pertanggung jawaban tersebut lebih dari Rp 2 miliar untuk masing-masing korban. Dari nilai tersebut, maka total dana yang diberikan pihak Boeing sekitar Rp 138 miliar. Namun, ACT tak memberitahukan pihak ahli waris korban mengenai realisasi jumlah dana CSR yang diterima.

“Diduga pihak yayasan ACT tidak merealisasikan seluruh dana CSR yang diperoleh dari pihak Boeing,” kata Azizah pada Senin (11/7).

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement