Mengapa Pansus Investasi Telkomsel di GoTo Dinilai Sarat Politisasi?

Image title
12 Juli 2022, 18:37
goto, tekomsel
Dokumentasi GOTO
GoTo melepas sebanyak 46,7 miliar saham dan meraih dana IPO senilai Rp 15,8 triliun

Isu investasi anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) kepada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) hingga kini masih ramai diperbincangkan. Meski telah ada penjelasan dari berbagai pihak, isu tersebut tak kunjung surut.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Muchlis Ainur Rofik menilai menyoroti upaya untuk mempolitisasi isu ini. Sebabnya, kebanyakan pihak yang kontra, cenderung mengabaikan fakta-fakta bisnis dalam investasi Telkomsel ini.

“Padahal langkah telkomsel masuk GoTo ini murni bisnis dan menyangkut kepentingan banyak orang,” kata Muchlis pada Selasa (12/7) dalam diskusi Polemik Special Trijaya dengan topik Isu Investasi Telkomsel, Fakta atau Fitnah.

Masuknya Telkomsel untuk berinvestasi ke GoTo, dinilai Muchlis justru membuka ruang partisipasi publik. Edukasi semacam itulah yang kerap diabaikan oleh segelintir politisi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Selain itu Muchlis juga mengatakan isu ini juga muncul untuk menghantam Menteri BUMN, Erick Thohir. Ia lalu merujuk elektabilitas Erick yang tergolong tinggi saat ini.

“Memang belum sampai tiga besar. Tapi di klaster kedua itu ada nama Erick di atas Mahfud MD, bahkan Puan Maharani,” ujarnya.

Terkait investasi Telkomsel ke GoTo, DPR pun telah membuat panita kerja (Panja) Investasi BUMN kepada Perusahaan Digital. Pembentukan Panja tersebut dianggap Muchlis menargetkan dua hal, yaitu pelemahan kinerja presiden dan citra Menteri BUMN.

Padahal, penopang kinerja presiden yang paling berpengaruh dalam hasil survei SMRC yaitu sektor ekonomi. Sementara itu, GoTo semasa pandemi merupakan salah satu perusahaan yang menyelamatkan perekonomian negara.

“Ada banyak aspek positif yang harusnya dieksplorasi. Tidak hanya asumsi tak berdasar,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...