Pertamina Janji Tanggung Jawab Atas Korban Kecelakaan Truk Tangki

Ameidyo Daud Nasution
18 Juli 2022, 21:18
pertamina, kecelakaan, truk
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/wsj.
Seorang anggota TNI berdiri di dekat deretan truk tangki sebelum melakukan pendistribusian BBM di Integrated Terminal Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (6/7/2020).

Truk tangki berisi Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina mengalami kecelakaan beruntun di Jalan Transyogi Gunungputri, Kota Bekasi sore tadi. PT Pertamina Patra Niaga memohon maaf dan akan bertanggung jawab terhadap kejadian tersebut.

Hingga saat ini sebelas orang dinyatakan meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut. "PT Pertamina Patra Niaga akan bertanggung jawab atas peristiwa kecelakaan yang terjadi dan mengupayakan penanganan maksimal pada seluruh korban," kata Area Manager Communication, Relation, and CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan dalam keterangan tertulis, Senin (18/7).

Saat ini Pertamina bersama aparat kepolisian tengah menyelidiki penyebab kecelakaan. Mereka juga memastikan pasokan BBM untuk masyarakat tak mengalami kendala.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, Komisaris Besar Pol. Latif Usman menjelaskan bahwa truk tangki Pertamina yang membawa muatan sedang berjalan dari arah Cileungsi menuju Cibubur mengalami rem blong. Kondisi jalan memang menurun dan banyak kendaraan yang berhenti karena lampu merah.

“Di situ terlihat kendaraan roda empat ada dua dan roda dua ada sepuluh,” ujarnya kepada wartawan pada Senin (18/7).

Truk tangki Pertamina mengalami kecelakaan beruntun di Jalan Transyogi, Kota Bekasi, Senin (18/7). Foto: Antara.
Truk tangki Pertamina mengalami kecelakaan beruntun di Jalan Transyogi, Kota Bekasi, Senin (18/7). Foto: Antara. (Antara)

Dalam peristiwa tersebut, sebanyak 11 korban meninggal dunia. Data tersebut masih dalam tahap pendataan kembali, terutama terkait dengan identitas para korban. Sementara korban yang selamat masih dalam pengecekan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kramat Jati.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengonfirmasikan adanya korban dari TNI dalam kecelakaan tersebut. 

Dalam kecelakaan itu, anggota TNI yang menjadi korban merupakan anggota Spersal Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabes TNI AL) bernama Suparno. Saat kejadian diketahui Suparno sedang bersama dengan isterinya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...