Dua Laporan Terkait Kematian Brigadir J, Satu Telah Naik Penyidikan

Image title
19 Juli 2022, 15:33
brigadir J, polisi, ferdy sambo
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Polisi berjaga di depan rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo pascaperistiwa baku tembak dua ajudannya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022) malam.

Kasus baku tembak yang terjadi di antara anggota Kepolisian Republik Indonesa (Polri) di kediaman Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam), Irjen Pol. Ferdy Sambo resmi naik ke tahap penyidikan. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Penyidikan kasus ini terkait dengan perbuatan cabul dan pengancaman. Adapun pelaporan sebelumnya dilakukan oleh istri Kadiv Propam.

Tim penyidik pun telah menemukan adanya unsur pidana tersebut sebagaimana yang termaktub di dalam Pasal 289 dan Pasal 335 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

“Perbuatan cabul dan pengancaman,” katanya kepada wartawan pada Selasa (19/7).

 Setelah naik penyidikan, kasus ini pun tak lagi ditangani oleh Kepolisian Resor Metro (Polrestro) Jakarta Selatan. Kini kasus telah dilimpahkan kepada Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya. Akan tetapi, pihak Polres Jaksel tetap dilibatkan dalam penyidikan.

“Penyidik Polrestro Jaksel tetap dilibatkan dan Bareskrim (Badan Reserse Kriminal Polri) berikan asistensi,” ujarnya.

Adapun kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak juga telah membuat laporan tentang adanya dugaan pembunuhan berencana ke Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri) pada Senin (19/7).

Tim kuasa hukum menemukan tak hanya luka tembakan dan sayatan, tetapi juga luka perusakan di bawah mata. Mereka juga menemukan adanya pengrusakan jari manis. Kemudian terdapat dua jahitan di hidung, bibir, leher, dan bahu sebelah kanan, serta memar di bagian perut kiri.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...