Proyek SPAM Beres, 70% Warga Labuan Bajo Terakses Air Bersih Perpipaan

Andi M. Arief
21 Juli 2022, 23:41
labuan bajo, spam, pupr
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
Sejumlah kapal wisata jenis pinisi berlabuh di perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT Selasa (22/1/2020).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan 40.000 atau 70% dari penduduk Labuan Bajo kini bisa mendapatkan air bersih dari sistem perpipaan. Hal tersebut seiring rampungnya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

SPAM Wae Mese II memiliki kapasitas 100 liter per detik (lpd) dan merupakan infrastruktur lanjutan dari SPAM Wae Mese yang berkapasitas 40 lpd. Ini berarti, kapasitas air bersih di Labuan Bajo kini mencapai 140 lpd.

“Saya kira dengan 100 liter/detik tambahan ini bisa mengurangi gap antara industri, pariwisata, dan masyarakat. Sehingga diharapkan tidak menimbulkan kecemburuan sosial,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Kamis (21/7).

Basuki menilai air bersih yang dihasilkan SPAM Wae Mese II memiliki kualitas yang baik. Hal tersebut ditunjukkan dari sejumlah indikator, yakni tingkat keasaman (pH), suhu, kandungan mineral, dan kejernihan air.

Ia memprediksi kebutuhan air akan meningkat seiring pembangunan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata premium. Menurutnya, SPAM Wae Mese II dapat menjaga keseimbangan kebutuhan air antara kegiatan pariwisata dan masyarakat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...