Indigo Aditya Cabut Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week

Ameidyo Daud Nasution
25 Juli 2022, 17:12
citayam fashion week, haki, indigo, baim wong
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah anak remaja berjalan di wilayah Dukuh Atas, Jakarta, Minggu (24/7).

Salah satu pendaftar hak kekayaan intelektual (HAKI) Citayam Fashion Week, Indigo Aditya Nugroho memutuskan untuk mencabut pendaftaran nama gerakan tersebut sebagai jenama. Hal ini sejalan dengan adanya kritik dan protes dari masyarakat agar tidak ada kepemilikan merek bagi mereka yang ingin berekspresi.

Indigo sebelumnya mendaftar untuk ajang pemilihan kontes, exo kesenian, fashion show, perencanaan pesta promosi peragaan busana, dan pertunjukan panggung live. Adapun permohonan pencabutan merek telah dilakukan pada Senin (25/7) pukul 14.19 WIB.

"Dengan setulus hati, kami telah melakukan pencabutan Citayam Fashion Week. Kami percaya jika CFW akan selalu menjadi cerita dan berjalan dengan apa adanya," demikian Indigo lewat keterangan tertulis KutipanX, Senin (25/7). Indigo merupakan konten kreator yang aktif dengan akun KutipanX.

Ia menjelaskan sejak awal tak berniat menguasai Citayam Fashion Week secara eksklusif. Namun mereka khawatir jika fenomena ini akan kehilangan identitas yang dibuat pembuat konten lokal.

Dia juga mengaku telah membuat konten di sekitar Dukuh Atas sejak setahun lalu. Bahkan KutipanX juga sempat mewawancarai perintis CFW yakni Bonge dan Kurma saat belum terkenal yaitu pad dua bulan lalu.

"Dari sana kami kembangkan konten-konten seputar aktivitas di Dukuh Atas," bunyi keterangan tertulis KutipanX.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...