Studi Portugal: Infeksi Omicron BA.5 Lebih Parah Dibandingkan BA.2

Rizky Alika
29 Juli 2022, 11:27
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron
Pixabay/Alexandra_Koch
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

Covid-19 varian Omicron BA.5 tengah merebak di sejumlah wilayah. Hasil studi menunjukkan, infeksi yang lebih parah ditemukan pada varian BA.5 dibandingkan BA.2.

Varian omicron BA.5 yang dominan saat ini kemungkinan menyebabkan infeksi SARS-CoV-2 kedua yang lebih parah dibandingkan Omicron BA.2. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di Portugal yang belum melalui proses kajian oleh rekan sejawat.

Mengutip dari Reuters pada Jumat (29/7), para peneliti di Portugal mempelajari 15.396 orang dewasa yang terinfeksi varian BA.2 dan 12.306 orang yang terinfeksi BA.5. Adapun, penelitian dilakukan pada akhir April hingga awal Juni.

Para peneliti menilai, vaksin dan booster sama-sama efektif. Namun, 10% dari kasus BA.5 merupakan infeksi ulang, lebih tinggi dibandingkan infeksi ulang pada kasus BA.2 sebanyak 5,6%.

Peneliti mengatakan, hal tersebut menunjukkan penurunan perlindungan yang diberikan oleh infeksi sebelumnya terhadap BA.5 dibandingkan dengan BA.2. Selain itu, vaksin tampak kurang efektif dalam mengurangi risiko yang parah untuk BA.5 dibandingkan dengan BA.2.

Adapun, pengurangan risiko rawat inap dan kematian pada orang yang terinfeksi BA.5 sebesar 77% dan 88%.

Di sisi lain, pengurangan risiko rawat inap dan kematian ditemukan lebih tinggi pada kasus BA.2 dengan angka masing-masing 93% dan 94%. Hal ini menunjukkan risiko rawat inap dan kematian lebih tinggi pada subvarian BA.5.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...