PDIP, Nasdem, hingga PKS Telah Daftar Jadi Peserta Pemilu 2024

Ameidyo Daud Nasution
1 Agustus 2022, 12:10
partai politik, pdip, pks, nasdem
Antara
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat mendaftarkan berkas peserta Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (1/8). Foto: Antara.

Sejumlah partai politik mulai mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Umum 2024. Ada 10 partai politik yang dijadwalkan akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (1/8). Meski demikian, hingga siang ini baru delapan yang resmi mendaftarkan berkas mereka.

Partai yang datang paling awal adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada pukul 08.30 WIB. Rombongan partai banteng hadir dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto. Tampak pula politisi PDIP seperti Djarot Saiful Hidayat, Bambang Wuryanto, Utut Adianto, hingga Arif Wibowo.

"Kami berharap berkas bisa diterima dengan baik dan mudah-mudahan tidak ada kesalahan," kata Bambang Wuryanto di Gedung KPU, Jakarta, Senin (1/8). Mereka lalu menyerahkan dokumen pendaftaran kepada KPU.

Partai kedua yang hadir adalah Partai Keadilan dan Pesatuan (PKP), dipimpin oleh Ketua Umumnya yakni Yussuf Solichien. Usai memberikan kata sambutan, ia lalu memberikan dokumen pendaftaran. 

Partai berikutnya yang datang mendaftar adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang dipimpin Ahmad Syaikhu. Saat tiba, mereka datang dengan tema atribut Betawi. 

"Kami berharap Pemilu 2024 dapat berjalan lebih baik lagi (dari sebelumnya)," kata Syaikhu saat memberikan sambutan sebelum menyerahkan dokumen pendaftaran.

PKS AJUKAN UJI MATERI UU PEMILU
PKS AJUKAN UJI MATERI UU PEMILU (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU)

Usai PKS, partai berikutnya yang menyerahkan berkas pendaftaran adalah Partai Reformasi. Mereka dipimpin oleh Ketua Umumnya yakni Syamsahril Kamal.

Setelah itu, pendaftar kelima hari ini adalah Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) yang dipimpin oleh Agus Jabo Priyono. Mereka tiba di KPU pada pukul 10.00 WIB.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...