Kasus Covid-19 di Dunia Kembali Naik, Kapan Pandemi Akan Berakhir?

Rizky Alika
2 Agustus 2022, 16:31
covid-19, virus corona, pandemi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Warga menggunakan masker melintas di peneybarangan jalan di Sarinah, Jakarta, Rabu (6/7).

Covid-19 masih mengalami peningkatan di sejumlah negara. Para ilmuwan pun memperingatkan pemerintah dan masyarakat untuk bersiap menghadapi lebih banyak gelombang virus corona.

Di Amerika Serikat, setidaknya ada satu juta infeksi per hari pada musim dingin ini. Sementara di seluruh Inggris dan Eropa, para ilmuwan memprediksi serangkaian gelombang Covid-19. 

Dengan kondisi tersebut, kapan dunia akan keluar dari fase pandemi Covid-19?

Banyak ahli memperkirakan transisi pandemi menjadi endemi akan dimulai pada awal 2022. Namun, mutasi varian Covid-19 Omicron telah membuyarkan harapan tersebut.

"Kita perlu mengesampingkan gagasan 'apakah pandemi sudah berakhir?'" kata ahli epidemiologi di London School of Hygiene and Tropical Medicine Adam Kucharski dikutip dari Reuters, Selasa (2/8).

Kucharski menilai perubahan status menjadi endemi juga belum tentu menghindarkan masyarakat dari penularan. "Seseorang pernah mengatakan kepada saya definisi endemi adalah hidup menjadi sedikit lebih buruk," katanya.

Sedangkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa melaporkan masih ada potensi kemunculan varian baru yang lebih kuat dari subvarian Omicron yang dominan saat ini. Jika varian itu mampu menghindari kekebalan sebelumnya, skenario terburuk akan terjadi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...