Jokowi Sebut Kondisi Dunia Mengerikan, 320 Juta Orang Kelaparan Akut

Rizky Alika
5 Agustus 2022, 14:44
jokowi, kelaparan, krisis
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Sejumlah negara di dunia sedang berada dalam ancaman krisis. Presiden Joko Widodo pun mengingatkan, saat ini sudah ada ratusan juta orang di dunia yang mengalami kelaparan.

"Sekarang ini 320 juta orang di dunia sudah berada pada posis menderita kelaparan akut," kata Jokowi pada pembukaan Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) Tahun 2022 di Bogor, Jumat (5/8).

Jokowi juga telah bertemu dengan negara anggota G7 dan sejumlah lembaga internasional, seperti Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Dana Moneter Internasional (IMF), dan Bank Dunia.  Mereka menyampaikan, sebanyak 60 negara diperkirakan mengalami perekonomian yang ambruk.

Mereka juga memperkirakan, kondisi dunia pada tahun depan akan gelap. "Kondisi ini bukan Indonesia. Ini dunia. Hati-hati," kata Jokowi.

Kontraksi ekonomi telah dialami oleh sejumlah negara, seperti Singapura, Eropa, Australia, hingga negara adidaya Amerika Serikat (AS). Selain itu, harga berbagai barang di dunia mengalami lonjakan.

Salah satunya, inflasi di AS melambung dari kisaran 1% menjadi 9,1%. Harga bensin di Negara Paman Sam juga meningkat dua kali lipat. Kondisi serupa juga terjadi di Eropa. "Dunia sekarang sudah pada kondisi yang mengerikan," ujar dia.

Namun, ia memastikan pemerintah berupaya mengendalikan harga bensin dengan menggelontorkan subsidi hingga Rp 502 triliun. Ia mengatakan, subsidi energi dilakukan untuk mencegah kenaikan harga pada berbagai barang lainnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...