Jokowi Ingatkan Pers untuk Bikin Karya Berkualitas hingga Lawan Hoaks

Ameidyo Daud Nasution
5 Agustus 2022, 16:27
jokowi, pers, forum pemred
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Presiden Joko Widodo membacakan sumpah saat upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo meminta pers untuk menjaga hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar. Hal ini penting lantaran pers merupakan pilar keempat demokrasi.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam perayaan 10 Tahun Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Forum Pemred). Jokowi berharap pers menghadirkan pemberitaan berdasarkan karya jurnalistik yang berkualitas hingga melawan berita bohong.

Advertisement

"Memerangi hoaks dan fitnah yang dapat memecah belah bangsa," kata Jokowi dalam siaran virtual, Jumat (5/8). Presiden lalu meminta para pimpinan media massa untuk menjaga independensi dan kebebasan pers.

Sedangkan Forum Pemred mengundang sepuluh tokoh yang selalu mendapat perhatian pers. Pertemuan para tokoh dengan para pimpinan media massa ini dilakukan dalam rangka peringatan ulang tahun ke-10 Forum Pemred.

Sepuluh tokoh yang diundang adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Sandiaga Uno.

Masing-masing tokoh akan berorasi secara bebas di atas panggung selama 10 menit. Mereka akan menyampaikan gagasan dan solusi yang perlu diambil dalam menyelesaikan masalah bangsa.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement