Jokowi Waspadai Krisis Pangan: 800 Juta Orang Terancam Kelaparan Akut

Ameidyo Daud Nasution
11 Agustus 2022, 14:07
jokowi, kelaparan, pangan
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.
Presiden Joko Widodo menyirami pohon kelapa genjah yang ditanamnya di lahan pertanian Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (11/8/2022).

Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan potensi bahaya dari krisis pangan yang melanda dunia saat ini. Oleh sebab itu ia memerintahkan agar penanaman tanaman pangan terus digalakkan.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat meninjau pengembangan tanaman kelapa genjah di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (11/8). Jokowi mengatakan jika setiap negara tak memiliki solusi, maka akan ada ratusan juta orang di dunia yang mengalami kelaparan.

"300 juta orang lebih berada pada kekurangan pangan akut dan kelaparan. Diperkirakan, kalau tidak ada solusi bisa masuk ke 800 juta orang," kata Jokowi di Boyolali, Kamis (11/8) seperti dikutip dari Antara.

Makanya Jokowi menargetkan satu juta kelapa genjah di lahan yang tidak produktif. Saat ini pemerintah mengalokasikan 46 ribu bibit kepala genjah untuk Solo Raya dan Boyolali, 44 ribu untuk Kabupaten Karanganyar, dan 110 ribu di Kabupaten Sukoharjo.

Jokowi mengatakan setiap pohon bisa memproduksi 180 buah per tahun. "Bisa dibuat gula semut, minyak kelapa, buahnya bisa dijual untuk minuman segar," kata Presiden.

Selain itu pemanfataan lahan tak produktif bisa menjadi upaya mencegah krisis pangan. Salah satunya penanaman cabai di pekarangan rumah dengan menggunakan polybag.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...