Cari Alternatif Gandum, Indofood Akan Kembangkan Mi Berbahan Sorgum

Ameidyo Daud Nasution
13 Agustus 2022, 09:44
indofood, sorgum, gandum, mie instan
Vijayanarishma/pixabay
Ilsutrasi sorgum

Krisis pangan dunia melanda seluruh negara, termasuk Indonesia. PT Indofood Sukses Makmur Tbk menyatakan siap mengembangkan mie instan berbahan dasar sorgum untuk menggantikan gandum impor.

Driektur Indofood Sukses Makmur, Fransiscus Welirang mengatakan pihaknya telah berbicara dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk mengembangkan mie instan berbasis pangan lokal ini.

"Jadi nanti ada program pengembangan tanaman sorgum bersama-sama," kata Fransiscus dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (13/8) seperti dikutip dari Antara.

Langkah ini penting untuk mencari substitusi terigu berbasis gandum. Apalagi, Indonesia masih mengimpor 11,6 juta ton gandum pada 2021.

Indofood dalam hal ini siap mengembangkan pengolahan komoditas sorgum. Sedangkan Kementan diharapkan mampu meningkatkan produksi pangan tersebut secara nasional.

"Produk tepung ini berkembang terus, akan ada produk baru. Yang pasti, inisiasi dari Kementan," kata pria yang akrab dipanggil Franky ini.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi gandum per kapita penduduk Indonesia pada 2019 mencapai 30,5 kilogram per tahun. Kebutuhan terbeser untuk roti, mie instan, hingga kue.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, konsumsi gandum penduduk Indonesia tahun 2019 adalah 30,5 kg per kapita per tahun. Kebutuhan gandum terbesar adalah untuk industri produk pangan olahan seperti mie instan, kue, dan roti.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...