Buronan Surya Darmadi Tiba di Kejagung, Langsung Ditahan 20 Hari

Ameidyo Daud Nasution
15 Agustus 2022, 15:25
Surya Darmadi saat tiba di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (15/8). Foto: Antara.
Antara
Surya Darmadi saat tiba di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (15/8). Foto: Antara.

Buronan dan pemilik PT Duta Palma Surya Darmadi telah tiba di Indonesia untuk diperiksa Kejaksaan Agung. Surya tiba di Gedung Kejagung, Jakarta (15/8) pada jam 14.00 WIB.

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengatakan bahwa Surya tiba dengan penerbangan China Airlines dari Taipei, Taiwan pada 13.30 WIB. Ia lalu dijemput petugas kejaksaan untuk dibawa ke Kejagung.

"Kami sedang lakukan pemeriksaan terhadap tersangka SD (Surya Darmadi) dan akan lakukan penahanan selama 20 hari," kata Burhanuddi dalam konferensi pers di Kejagung, Jakarta, Senin (15/8) seperti disiarkan dari Kompas TV.

Burhanuddin mengatakan pihaknya telah memanggil Surya saat berada di Singapura. Surat berisi permintaan agar pengusaha tersebut menyerahkan diri ke Indonesia.

"Dua hari lalu, kami koordinasi dengan pengacara, katanya ada di negara-negara tersebut (Singapura atau Taiwan)," katanya.

Surya sebelumnya juga dikabarkan telah memasuki Bali pada 23 Juli 2022. Namun Burhanuddin mengaku belum mendapatkan informasi tersebut. "Tetap akan kami dalami," ujarnya.

Selain itu Kejagung juga akan berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menangani kasus Surya. Surya diketahui menjadi buronan KPK atas perkara suap pada tahun 2014 yang melibatkan mantan Gubernur Provinsi Riau, Annas Maamun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...