Frans Kaisiepo, Tokoh Papua yang Diabadikan di Uang Kertas Rp 10 Ribu

Ameidyo Daud Nasution
18 Agustus 2022, 14:54
tokoh, papua, uang
Antara
Uang nominal Rp 10 ribu yang bergambar Frans Kaisiepo. Foto: Antara

Bank Indonesia telah meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas emisi tahun 2022 pada hari ini. Uang kertas baru diterbitkan untuk pecahan Rp 1.000 hingga Rp 100 ribu. 

Salah satu tokoh yang tetap diabadikan menjadi gambar utama adalah Frans Kaisiepo. Sosok Frans tetap gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 10 ribu. 

Frans Kaisiepo adalah pahlawan nasional Indonesia yang lahir di Wardo, Biak, 10 Oktober 1921. Dikutip dari laman Provinsi Papua, Frans terlibat dalam konferensi Malino sebagai wakil Papua untuk untuk membahas pembentukan Republik Indonesia Serikat (RIS).

Ia juga merupakan tokoh yang mengusulkan nama Irian, berasal dari bahasa Biak yang berarti beruap.

Frans pernah mengenyam pendidikan guru agama Kristen di Manokwari dan sekolah kursus peawai Papua. Ia juga merupakan tokoh yang mendukung bergabungnya Nugini Belanda (sekarang Papua) ke Indonesia.

Frans pernah ditangkap pada 1954 hingga 1961 lantaran terlibat dalam pemberontakan melawan Belanda. Sebelumnya, dia menolak ditunjuk sebagai pemimpin delegasi Nugini Belanda dalam Konferesi Meja Bundar lantaran merasa didikte.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...