Kapolri Ungkap Anak Buah Sambo Coba Intervensi Timsus saat Olah TKP

Ameidyo Daud Nasution
24 Agustus 2022, 12:54
ferdy sambo, kapolri, polisi
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Polisi berjaga di depan rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo pascaperistiwa baku tembak dua ajudannya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022) malam.

Penyidikan kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J mengundang tanda tanya. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun mengungkap sejumlah intervensi yang dilakukan Irjen Pol. Ferdy Sambo hingga personel Divisi Propam (Divpropam) Polri.

Salah satunya dilakukan personel Propam kepada Tim Khusus yang melakukan olah ulang tempat kejadian perkara (TKP) ulang. Langkah ini awalnya dilakukan untuk memastikan fakta yang ada TKP.

"Dalam prosesnya, ada intervensi dan pengaburan (fakta) dari personel Propam terhadap Timsus," kata Listyo saat rapat dengan Komisi III DPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (24/8).

Timsus terdiri dari sejumlah perwira tinggi Polri. Beberapa anggotanya adalah Wakil Kapolri, Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim), hingga Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri.

Tak hanya itu, intervensi juga dilakukan sejak awal perkara. Pada 9 Juli, personel Divpropam mengintervensi penyidik Polres Metro Jakarta Selatan saat mendatangi kantor Biro Paminal Divpropam untuk membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) para saksi. 

"Penyidik hanya diizinkan untuk mengubah format berita acara interogasi yang dilakukan Biro Paminal Divpropam menjadi BAP," kata Listyo.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...