Menko Airlangga Laporkan Hasil Evaluasi Harga BBM ke Jokowi Pekan Ini

Rizky Alika
24 Agustus 2022, 18:24
bbm, jokowi, airlangga, subsidi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah kendaraan antre mengisi BBM jenis Pertalite dan Pertamax di salah satu SPBU Pejompongan, Jakarta, Selasa (23/8).

Pemerintah memberikan sinyal akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akan menyampaikan hasil evaluasi harga BBM ke Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

Evaluasi masih dilakukan dalam satu sampai dua hari ini. "Minggu ini akan kami laporkan kepada Bapak Presiden," kata Airlangga usai menghadiri rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (24/8).

Namun, ia belum bisa memastikan apakah harga pertalite akan naik. "Akan dilaporkan terlebih dahulu," kata dia.

Menurutnya, anggaran subsidi energi yang tersedia hanya sebesar Rp 502 triliun. Untuk itu, pemerintah mempertimbangkan beberapa alternatif agar anggaran tidak membengkak, salah satunya dengan menaikkan harga BBM.

Ia mengatakan, kenaikan harga BBM akan berdampak pada daya beli masyarakat hingga mengerek inflasi. Untuk itu, pemerintah tengah memperhitungkan efek dari kenaikan harga BBM tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengatakan, pemerintah mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan harga BBM naik. Salah satunya, pemerintah menimbang potensi keterbatasan energi di akhir tahun karena kebutuhan meningkat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...