Wamenkumhan Akan Safari Bahas 14 Pasal Kontroversial RKUHP di 11 Kota

Ade Rosman
29 Agustus 2022, 20:19
revisi kuhp, rkuhp, wamnkumham
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej (kriri) memberikan keterangan disaksikan Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM, Amiruddin Al Rahab (kanan) usai pertemuan tertutup antara Kemenkumham, Komnas HAM dan Komnas Perempuan di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan pemerintah akan melakukan sosialisasi perihal Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) secara besar-besaran pada tahun ini. Hal tersebut dilakukan berdasarkan instruksi langsung dari presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas (ratas) Agustus 2022.

Edward mengatakan, pada tahun ini pihaknya akan melakukan sosialisasi dan berdialog dengan publik di 11 kota. Tujuannya melibatkan masyarakat dalam revisi KUHP.

“Kami tidak hanya sosialisasi semata, tetapi yang lebih penting adalah menerima masukan dari masyarakat.” Ucapnya, dalam agenda FMB9: RUU KUHP: Wujud Keadilan Hukum Indonesia' di Jakarta, Senin (29/8).

Selain Kemenkumham, kegiatan ini pun nantinya akan melibatkan lembaga lain seperti Kementerian koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Badan Intelijen Negara (BIN), Polri, Kejaksaan Agung, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Agama, Staf Khusus Presiden, dan Kantor Staf Presiden.

Nantinya, tiap kementerian dan lembaga yang ditugasi untuk melakukan sosialisasi dan dialog publik kepada masyarakat tersebut juga boleh mengadakan acara secara terpisah.

“Kami terbuka menerima masukan dari manapun, tapi juga terbatas karena fokus pada 14 isu krusial.” kata Edward.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...