Bio Farma Produksi Vaksin Covid-19 Indovac, Apakah Halal?

Ameidyo Daud Nasution
2 September 2022, 18:42
vaksin, erick thohir, covid-19
ANTARA FOTO/Aji Styawan/YU
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan di sela-sela peninjauan Uji Klinis Fase 3 Vaksin COVID-19 BUMN di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (9/6/2022).

PT Bio Farma (Persero) telah siap memproduksi vaksin Covid-19 dalam negeri. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap vaksin ini menjadi refleksi Indonesia untuk bangkit dari pandemi.

Erick juga mengatakan sejauh ini Indovac memiliki efikasi yang baik dalam memicu antibodi. Ia juga menjamin vaksin tersebut halal dan mendapatkan audit otoritas berwenang.

"Sejak awal saya sudah menegaskan kehalalan harus menjadi faktor utama," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (2/9).

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menargetkan izin darurat Indovac akan keluar pada September 2022. Setelah uji klinis, Bio Farma akan mendaftarkan vaksin ini untuk pengujian pada vaksinasi anak.

"Vaksin ini bermanfaat untuk vaksinasi primer dan booster, baik orang dewasa maupun anak-anak," kata Erick.

Dengan adanya vaksin lokal, diharapkan Indonesia mampu menghadapi pandemi di masa depan. Erick juga mengajak masyarakat menggunakan vaksin buatan dalam negeri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...