Pj Gubernur Pengganti Anies Diminta Netral dan Cakap Komunikasi

Rizky Alika
9 September 2022, 19:48
anies, anies baswedan, jakarta, pj gubernur dki
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sambutan saat peresmian rumah DP nol rupiah di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/9).

Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berakhir pada Oktober mendatang. Sebelum tenggat waktu tersebut, DPRD DKI harus menyerahkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI ke Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri juga mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI. Dengan demikian, ada enam nama calon yang terkumpul untuk diajukan ke Presiden Joko Widodo.

Advertisement

Lalu, siapa sosok yang pantas menempati posisi Penjabat (Pj) Gubernur untuk menggantikan Anies?

Pengamat menilai, calon Pj Gubernur DKI sebaiknya tidak memiliki relasi politik. Berkaca dari Pilkada DKI 2017, relasi politik menjadi penyebab terbelahnya masyarakat di ibu kota hingga nasional.

Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo menilai, Jakarta merupakan barometer politik nasional. Oleh karena itu, perpecahan kontestasi Pilkada DKI akan berdampak pada peta politik nasional.

Untuk itu, Pj Gubernur DKI diharapkan netral serta bukan orang yang dekat dengan Istana atau partai politik tertentu.. "Sosok itu tidak punya rekam jejak elektoral," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (9/9).

Selain itu, ia berharap calon orang nomor satu di ibu kota itu memiliki integritas dan bebas dari korupsi.  Kemudian, calon Pj Gubernur perlu memiliki sikap profesional.

"Karier yang sudah terbukti dengan kinerja unggul di tempatnya berkarya," kata dia.

Analis Politik Exposit Strategic Arif Susanto mengatakan, ada lima syarat penting untuk calon Pj Gubernur DKI. Pertama, calon itu harus memahami kompleksitas Jakarta.

Arif menilai, Jakarta mempunyai permasalahan yang berbeda dari daerah lain, seperti kemacetan hingga problem politik. Apalagi, Jakarta menjadi barometer politik nasional. "Jadi kalau memunculkan orang yang asing dengan Jakarta, akan berisiko," kata dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement