Mahfud Sebut Sosok Bjorka Mulai Teridentifikasi oleh BIN dan Polri

Ade Rosman
14 September 2022, 12:15
bjorka, mahfud, hacker
Twitter
Akun Twitter mengatasnamakan Bjorka

Peretas Bjorka telah membocorkan sejumlah data pribadi para pejabat. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan figur hacker tersebut telah mulai teridentifikasi. 

Hal tersebut didapatkan dari hasil penyelidikan yang dilakukan Badan Intelijen Negara (BIN) dengan Polri. Namun, Mahfud belum bisa mengumumkan siapa sosok asli Bjorka. 

"Kami sudah punya alat untuk melacak itu semua,” ujarnya saat menggelar konferensi pers terkait pembentukan satgas perlindungan data di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (14/9).

Mahfud mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat terkait kebocoran data ini bersama dengan Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Menkominfo Johnny G Plate, serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Mahfud akan serius menangani permasalahan ini.  Dia juga meminta masyarakat agar tetap tenang, karena hingga kini belum ada data rahasia negara yang bocor.

“Ini cuma data-data umum yang sifatnya  perihal surat ini dan itu, isinya sampai detik ini belum ada yang dibobol.” katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...