Tiga Calon Pj Gubernur Jakarta Pengganti Anies, Siapa Paling Kuat?

Rizky Alika
14 September 2022, 15:34
jakarta, anies, heru budi, marullah matali, bahtiar
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ketiga kanan) dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria (kiri) berfoto bersama anggota DPRD DKI Jakarta disela menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta telah menyerahkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur pengganti Anies Baswedan. Pengamat menilai, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjadi calon terkuat untuk menjadi Pj Gubernur DKI.

Ini lantaran Heru merupakan orang dekat dan kerap berinteraksi dengan Presiden Joko Widodo dalam kesehariannya. Sebagaimana diketahui, Heru sering ikut Jokowi saat kunjungan kerja ke berbagai daerah.

"Dari perspektif kedekatan pekerjaan dan hubungan, mungkin Heru (calon paling kuat)," kata pengamat politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin saat dihubungi Katadata.co.id, Rabu (14/9).

Meski begitu, Ujang mengatakan masih ada potensi Jokowi tidak memilih Heru untuk mencegah spekulasi soal kedekatan. Calon terkuat selain Heru ialah Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar.

Menurutnya, Bahtiar menjadi jalan tengah karena tidak berasal dari lingkaran istana maupun pemerintah provinsi DKI. "Agar tidak terlihat politis, bisa cari jalan tengah," ujar dia.

Setali tiga uang, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno juga menilai Heru sebagai sosok paling potensial jadi orang nomor satu di ibu kota. Ini tidak lepas dari posisi mantan Wali Kota Jakarta Utara itu di Istana.

"Nama Heru paling diunggulkan karena posisinya sebagai Kasetpres," kata dia. Apalagi, Heru sudah lama disebut sebagai calon pengganti Anies.

PENYESUAIAN PROTOKOL NORMAL BARU DI ISTANA KEPRESIDENAN
PENYESUAIAN PROTOKOL NORMAL BARU DI ISTANA KEPRESIDENAN (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz.)

Ia mengakui, ketiga nama yang diusulkan DPRD memiliki kompetensi dan rekam jejak yang serupa. Namun, calon Pj Gubernur Jakarta tidak hanya menyangkut kapasitas, kompetensi, hingga rekam jejak.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...