Jokowi dan Prabowo Bagikan 40 Sepeda Motor ke Babinsa di Tual

Rizky Alika
15 September 2022, 11:24
jokowi, prabowo, tni
Antara
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menyerahkan 40 sepeda motor kepada babinsa di Tual, Maluku, Rabu (14/9). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyaksikan penyerahan 40 unit motor dari Kementerian Pertahanan kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, pada Rabu (14/9).

Prabowo mengatakan, penyerahan kendaraan bermotor tersebut merupakan arahan Jokowi untuk menyusun rencana pertahanan jangka panjang. Ia menilai pembinaan dan pembangunan kekuatan teritorial menjadi unsur yang sangat penting.

Advertisement

"Jadi semua Babinsa, Koramil, Kodim, Korem, dan Kodam akan kita berdayakan," kata Prabowo, dikutip dari keterangan pers Kamis (15/9).

Pembangunan kekuatan teritorial itu menjadi rencana besar dari pertahanan negara yang menerapkan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta.

Selain itu, Prabowo mengatakan sepeda bermotor juga akan diberikan kepada Babinsa di seluruh Indonesia. Kendaraan roda dua yang akan diberikan merupakan produksi lokal yang dibuat oleh perusahaan dalam negeri.

Nantinya, seluruh Babinsa akan diberikan motor lokal buatan Pindad dan PT Len di bawah holding industri pertahanan Defend ID.

Prabowo menegaskan, seluruh komponen pertahanan Tanah Air berkomitmen menjalankan amanah Jokowi. Untuk itu, mereka akan menjaga kekayaan dan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia.

"Kalau kita kaya dan tidak jaga, ya salah kita sendiri kalau kekayaan kita diambil," kata Prabowo.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement