Menaker Targetkan Bantuan Subsidi Upah Tahap Dua Cair Pekan Depan

Rizky Alika
16 September 2022, 17:51
bantuan subsidi upah, bansos bbm, bantuan sosial
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (kanan) berbincang dengan sejumlah pekerja penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) di Krisna Oleh-Oleh Bali di kawasan Kuta, Badung, Bali, Selasa (13/9/2022).

Pemerintah telah memulai pemberian Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta. Pada penyaluran tahap pertama, Kemenaker sudah menggelontorkan BSU kepada 4,11 juta pekerja dari target 16,24 juta orang

Terkait penyaluran tahap kedua, Kemenaker masih memverifikasi data 406.915 karyawan yang telah dikirim oleh BPJS Ketenagakerjaan. "Minggu depan setelah verifikasi selesai maka akan kami salurkan," kata  Menteri Ketenegakerjaan Ida Fauziyah di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (16/9).

Ida mengatakan. dari hasil pemindaian, ada 4,36 juta pekerja yang lolos seleksi. Selain itu ada 249,74 ribu pekerja yang tidak lolos verifikasi.

"Yang tidak lolos, tidak punya rekening bank," katanya. Adapun, pekerja yang tidak lolos validasi data perbankan bisa menerima BSU melalui PT Pos atau membuat rekening perbankan.

Pemerintah juga membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, PT Pos Indonesia sudah menyalurkan BLT BBM ke 12,7 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hingga Jumat (16/9).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...