Survei LPI: Kepala BIN dan Panglima TNI Jadi Tokoh Paling Berpengaruh

Rizky Alika
19 September 2022, 16:36
survei, BIN, tni
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/2/2021).

Kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah memasuki tahun ketiga. Survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) pun mengkaji menteri/kepala lembaga yang paling berpengaruh pada pemerintahan Jokowi, salah satunya Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Budi Gunawan menempati rating pertama dengan perolehan skor 2,39. Adapun, indikator pengaruh berbasis pada perumusan dan implementasi kebijakan serta pengaruh sosok tersebut dalam memimpin institusinya.

Advertisement

Responden menilai sosok Budi Gunawan mempunyai pengaruh positif terhadap sejumlah rumusan program dan agenda BIN. "Terutama dalam hal penanggulangan wabah Covid-19 sekaligus mengawal fase transisi dari pandemik ke endemik," demikian tertulis, dikutip Senin (19/9).

Selain itu, responden menilai reputasi Budi Gunawan tercermin saat merespons Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) sekaligus memberikan deteksi, analisa, proyeksi, dan strategi untuk menempuh kebijakan yang akan diambil oleh Jokowi.

Selanjutnya, sosok yang paling berpengaruh ialah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan skor 2,38. Responden menilai arah kebijakan institusi militer saat ini lebih inklusif dan kolaboratif. Salah satu indikatornya adalah perubahan proses penyeleksian menjadi prajurit TNI.

Selain itu, responden juga mengapresiasi latihan tempur bersama yang melibatkan sejumlah negara di Indonesia. Latihan gabungan itu dianggap mampu mengangkat marwah TNI pada level internasional.

Selanjutnya, figur yang dinilai paling berpengaruh ialah Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang mendapat skor 2,38. Pada posisi berikutnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mendapatkan skor 2,38.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement