Putin Beri Kewarganegaraan Rusia Pembocor Terkenal AS Edward Snowden

Ameidyo Daud Nasution
27 September 2022, 07:54
putin, edward snowden, rusia
ANTARA FOTOMaxim Shemetov/hp.
Russia's President Vladimir Putin attends a parade marking Navy Day in Saint Petersburg, Russia July 31, 2022.

Presiden Rusia Vladimir Putin resmi memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pembocor terkenal asal Amerika Serikat (AS) yakni Edward Snowden. Keputusan ini dilakukan lewat dekrit yang diterbitkan pada Senin (26/9).

Snowden, mantan kontraktor intelijen AS, telah tinggal di negara tersebut sejak 2013. Ia kabur ke Rusia untuk menghindari penuntutan di AS lantaran membocorkan data rahasia yang mengungkapkan operasi pengawasan domestik dan internasional yang dilakukan Badan Keamanan Nasional (NSA).

"Setelah dua tahun menunggu dan hampir 10 tahun di pengasingan, sedikit stabilitas akan membuat perbedaan bagi keluarga saya," kata Snowden dikutip dari The Guardian, Selasa (27/9).

Snowden sejak 2020 mengatakan bahwa dirinya dan istrinya yang tengah hamil mengajukan kewarganegaraan Rusia agar tak bisa dipisahkan pembatasan di tengah pandemi. Rusia memberikan hak tinggal permanen pada tahun yang sama.

Meski demikian, keputusan Putin tersebut menjadi sindiran di media sosial. Warganet mengatakan bahwa Snowden akan segera menjalani wajib militer ke Ukraina.

"Apakah Snowden akan dimobilisasi?" tulis Margarita Simonyan, Pemimpin Redaksi RT, media Rusia di saluran Telegramnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...