Lanjut hingga 2024, Program Kartu Prakerja Akan Digelar Secara Offline

Reza Pahlevi
1 Oktober 2022, 11:12
Ilustrasi program Kartu Prakerja. Foto: Reza Pahlevi.
Katadata
Ilustrasi program Kartu Prakerja. Foto: Reza Pahlevi.

Program Kartu Prakerja akan terus dilanjutkan hingga 2024. Meski begitu, program program unggulan Presiden Joko Widodo tersebut tidak lagi mengutamakan fungsi bantuan sosial, tetapi lebih fokus pada pelatihannya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan mendorong pelaksanaan Kartu Prakerja skema normal seiring penurunan kasus pandemi.

“Sesuai dengan amanat presiden, program Kartu Prakerja didorong untuk skema normal ataupun penyelenggaraan pelatihan secara offline,” kata Airlangga secara virtual dalam Mini Temu Raya Alumni Kartu Prakerja di Bontang, Kalimantan Timur, pada Jumat, 29 September 2022.

Skema normal juga berarti program Kartu Prakerja tidak lagi berstatus bantuan sosial tetapi murni sebagai pelatihan. Hal ini disahkan lewat penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 113 tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

Direktur Pemantauan dan Evaluasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Cahyo Prihadi menjelaskan program ini masih menyatukan bantuan sosial dan pelatihan dalam satu paket.

“Setelah itu, kita pelatihan saja. Setelah ini ada beberapa proses peralihan dan kita akan masuk ke skema normal,” kata Cahyo dalam kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Teknologi Bontang, Kalimantan Timur, pada Jumat, 30 September 2022.

Pelaksanaan skema normal Program Kartu Prakerja ini masih menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja (KCK). Pelaksana program Kartu Prakerja juga masih menunggu Peraturan Menteri (Permen) yang khusus membahas transisi ini.

Halaman:
Reporter: Reza Pahlevi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...