13,9 Juta Peserta Prakerja Telah Dapat Insentif Senilai Total Rp 33 T

Reza Pahlevi
1 Oktober 2022, 13:46
Seorang peserta Kartu Prakerja saat menceritakan pengalamannya dalam kuliah umum di Bontang, Kalimantan Timur, Jumat (30/9). Foto: Reza Pahlevi.
Katadata
Seorang peserta Kartu Prakerja saat menceritakan pengalamannya dalam kuliah umum di Bontang, Kalimantan Timur, Jumat (30/9). Foto: Reza Pahlevi.

Pemerintah telah menyalurkan insentif Rp 33,1 triliun dalam Program Kartu Prakerja sejak peluncurannya pada April 2020 lalu. Ada 13,92 juta peserta program ini yang mendapat insentif tersebut.

Direktur Pemantauan dan Evaluasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Cahyo Prihadi mengatakan program ini telah memberi akses pelatihan dan perlindungan sosial di 514 kabupaten/kota di Indonesia.

"Kartu Prakerja berperan sebagai semi-bansos selama pandemi. Peserta mengikuti pelatihan terlebih dahulu, dapat insentif kemudian," kata Cahyo dalam sebuah kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Teknologi Bontang, Kalimantan Timur, pada Jumat, 30 September 2022.

Cahyo juga mengatakan program ini meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat desa serta yang belum menerima pendidikan tinggi. Peningkatan kesejahteraan ini tidak hanya dicapai berkat insentif, tetapi juga pelatihan yang diterima peserta.

Data Kartu Prakerja menunjukkan mayoritas atau 60% penerima program tinggal di desa. Adapun, 51% penerima berpendidikan terakhir SMA atau sederajat.

Riset lembaga independen Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab South East Asia (J-PAL SEA) pada 2021 menemukan Kartu Prakerja meningkatkan peluang bekerja dan berwirausaha. Riset terhadap 47.750 sampel ini menunjukkan program meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan baru sebesar 18% dan peluang memiliki usaha sebesar 30%.

Pendapatan peserta Kartu Prakerja juga berhasil ditingkatkan berkat pelatihan dalam program tersebut. J-PAL SEA menemukan rata-rata kenaikan pendapatan mencapai Rp 122.500 per bulan.

Halaman:
Reporter: Reza Pahlevi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...