Pemerintah Soroti Tiga Komoditas Pangan yang Impornya Masih Besar

Ameidyo Daud Nasution
1 Oktober 2022, 17:26
pangan, kedelai, gandum, bawang putih
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.
Petani memanen kedelai di Persawahan kawasan Wonoayu, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (25/9/2022).

Pemerintah menyatakan kondisi pangan Indonesia masih relatif aman di tengah krisis pangan. Meski demikian, ada beberapa komoditas yang menjadi sorotan karena hanya mampu dipenuhi dari impor.

Deputi Ketersediaan dan Stabilitasi Pangan Badan Pangan Nasional (BPN) I Gusti Ketut Astawa mengatakan, beberapa bahan pangan harus mampu digenjot produksinya oleh petani. Tak hanya itu, pemerintah juga akan memikirkan langkah substitusi demi mengurangi ketergantungan dari luar negeri.

"Kita harus bisa memberikan kekuatan kepada petani," kata Ketut dalam acara dialog mengenai krisis pangan pada Sabtu (1/10).

Lalu apa saja tiga bahan pangan yang menjadi sorotan:

Kedelai

Ketut mengatakan kedelai masih menjadi bahan pangan yang mayoritas dipenuhi dari impor. Ia menjelaskan, produksi lokal baru dapat memenuhi 20% pasokan.

Hal ini menjadi perhatian pemerintah karena kedelai merupakan bahan pangan yang penting untuk tempe dan tahu. "Makanya kita harus memperkuat gairah petani untuk menanam," kata dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), volume impor kedelai Indonesia sepanjang periode Januari-Juni 2022 mencapai 1,42 juta ton dengan nilai US$959,09 juta. 

Gandum

Bahan dasar dari tepung terigu ini juga masih dipenuhi dari impor. Oleh sebab itu pemerintah akan menggandeng swasta untuk mencari alternatif lain.

Ketut mengatakan, sejumlah perusahaan sudah mulai mencari substitusi bahan dasar mie inestan. Adapun, Presiden Joko Widodo sebelumnya meminta sorgum menjadi alternatif gandum.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...