Tragedi Kanjuruhan, Valentino Jebret Mundur Jadi Komentator Liga 1

Ameidyo Daud Nasution
3 Oktober 2022, 09:34
tragedi kanjuruhan, arema, valentino simanjuntak
Instagram
Presenter Valentino Simanjuntak. Foto: Instagram @radotvalent.

Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang terus berdampak negatif. Presenter sepak bola, Radot Valentino Simanjuntak mengumumkan pengunduran dirinya sebagai host dan komentator BRI Liga 1 2022/2023 sejak Minggu (2/10).

Presenter yang kerap dipanggil Valentino Jebret itu mengaku sedih, prihatin dan kehilangan semangat usai kejadian yang merenggut nyawa lebih dari 120 orang itu. Ia bahkan merasa tragedi ini menjadi titik terendah dalam kariernya.

Advertisement

"Hilangnya semangat akan berdampak pada kontribusi saya yang tidak akan lagi memberikan hal yang maksimal," kata Valentino dalam keterangan tertulisnya seperti ditulis pada Senin (3/10).

Valentino mengatakan tragedi ini bukan hanya duka insan persepakbolaan nasional, namun juga internasional. "Nyawa seseorang bukan lagi permasalahan sepak bola, namun masalah kemanusiaan," katanya.

Sedangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan melakukan investigasi perihal penggunaan gas air mata yang digunakan aparat untuk membubarkan kericuhan suporter di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang menyebabkan 125 orang meninggal dunia.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, proses investigasi akan dilakukan mulai dari pihak penyelenggara, pengamanan, dan seluruh pihak terkait. Termasuk mengenai tahapan-tahapan untuk penerapan prosedur tersebut akan dilakukan audit oleh tim yang telah disiapkan.

Pendalaman dilakukan pada penerapan prosedur tetap (protap) dan tahapan yang telah dilakukan tim pengamanan yang bertugas saat pelaksanaan pertandingan, termasuk upaya penyelamatan para pemain dari para suporter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement