Jokowi: Sebentar Lagi Kita Nyatakan Pandemi Covid-19 Berakhir

Jokowi juga mengingatkan ekonomi Indonesia masih dibayangi tantangan meski pandemi berakhir. Apa saja tantangan tersebut?
Rizky Alika
3 Oktober 2022, 11:16
jokowi, pandemi, covid-19
Dok. Kementerian BUMN
Presiden Joko Widodo menghadiri BUMN Start Up Day Tahun 2022 di Tangerang, Senin (26/09/2022).

Pandemi Covid-19 masih berlangsung meskipun kasus penularan telah menurun. Presiden Joko Widodo memprediksi pandemi virus corona akan segera berakhir.

“Pandemi memang mulai mereda. Mungkin sebentar lagi akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” kata Jokowi di Gedung Smesco, Jakarta, Senin (3/10) seperti disiarkan secara virtual.

Meski begitu, Jokowi menilai kondisi global masih dibayangi situasi yang tidak pasti. Bahkan, negara maju juga mengalami kondisi yang sulit.

Usai pandemi, pemulihan ekonomi di berbagai negara belum berjalan dengan normal. Sebaliknya, kondisi perekonomian semakin sulit lantaran ada perang antara Rusia dan Ukraina.

Advertisement

Sebagaimana diketahui, krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial tengah terjadi di beberapa negara. Namun, Kepala Negara mengatakan pertumbuhan ekonomi nasional masih tumbuh 5,44% pada kuartal II 2022.

“Saya masih meyakini di kuartal III kita masih bisa tumbuh di atas angka kuartal II,” ujar Jokowi.

Sebagaimana diketahui, kasus baru Covid-19 di Indonesia terus menurun. Bahkan, Kementerian Kesehatan mengatakan tanda-tanda akhir Covid-19 semakin dekat.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril merujuk pada pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan gejala berakhirnya pandemi di dunia telah terlihat. 

"Dunia menghadapi masa yang menggembirakan," ujar dia di konferensi pers daring, Jumat (30/9).

Syahril mengatakan pada pekan ketiga September, tambahan kasus corona menurun 371 kasus atau berkurang 15,88% dibanding pekan sebelumnya. Tambahan kasus Covid-19 berkisar pada angka 13 ribu. "Saat ini angka rata-rata dua ribu kasus per hari," ujar dia.

Adapun rasio positif pada pekan ketiga September mencapai 6,38%, turun dari 7,68% pada pekan sebelumnya dan 11,86% pada pekan ketiga Agustus. Sedangkan angka kematian pada pekan ketiga September mencapai 122, turun dari 155 pada pekan ketiga Agustus 2022.

Selain itu angka keterisian tempat tidur rumah sakit pada 29 September mencapai 4,83%. Angka ini turun dari 5,25% pada 10 September 2022. 

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait