Di Depan Puan dan G20, Jokowi Ingatkan Ancaman Negara Gagal

Rizky Alika
6 Oktober 2022, 18:21
jokowi, puan maharani, g20
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo mengatakan dunia menghadapi sejumlah ancaman. Dengan situasi itu, Jokowi memperkirakan banyak negara yang berpotensi gagal.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam Pembukaan Sidang The 8th G20 Parliamentary Sepakers' Summit (P20) di Gedung Nusantara DPR, Jakarta, Kamis (6/10). Selain anggota parlemen G20, acara tersebut dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani.

Advertisement

"Banyak negara terancam jadi negara gagal yang berdampak pada jutaan warganya," kata Jokowi di Gedung Nusantara DPR, Jakarta, Kamis (6/10).

Menurutnya, kegagalan itu juga memperlebar ketidakseimbangan ekonomi global. Namun, masih ada negara yang mampu bertahan dalam situasi itu.

Adapun, ancaman yang tengah terjadi seperti pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir. Selain itu, ada pula konflik geopolitik yang menimbulkan ancaman krisis energi, krisis pangan, dan krisis keuangan. "Menghantui semua negara," ujar Kepala Negara.

Pada saat yang sama, dunia dihadapkan pada ancaman perubahan iklim yang menyebabkan gangguan produksi pangan. Akibatnya, ancaman kelaparan muncul di depan mata.

Namun, Jokowi yakin perhelatan G20 dapat membahas agenda dunia yang memerlukan dukungan politik. Hal ini untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi seluruh warga dunia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement