Harga Beras Merangkak Naik, Mendag Zulhas: Masih Wajar

Nadya Zahira
11 Oktober 2022, 22:07
beras, harga beras, zulkifli hasan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kedua kanan) berbincang dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) saat inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Senin (3/10/2022). Foto: Antara.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan bahwa harga beras memang tengah meningkat. Namun, dirinya menganggap kenaikan itu masih wajar seiring dengan meningkatnya harga gabah. 

Harga beras di pasar mengalami kenaikan hingga sebesar Rp 2.000 per kilogram (kg). Perusahaan Umum Bulog sempat menyebut ada sejumlah pihak swasta yang menguasai pasar sehingga menyebabkan harga tidak stabil.

Advertisement

 "Tetapi beras yang di Bulog dijamin harganya,” ujar Zulhas saat ditemui di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat pada Selasa (11/10).

Zulhas mengatakan harga beras yang dikeluarkan oleh Bulog tidak akan mengalami perubahan. Namun, hal ini tidak berlaku untuk beras kualitas premium yang harganya dilepas ke pasar.

“Kalau ada kenaikan (harga beras Bulog) tentu ditanggung oleh pemerintah, disubsidi oleh pemerintah,” ujar Zulhas.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra menjelaskan, Badan Pangan Nasional tengah menaikan harga acuan pembelian gabah. Hal tersebut diakibatkan karena gabah di tingkat petani masih surplus.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement