Shin Tae-yong Ancam Mundur dari Timnas Jika Ketum PSSI Lengser

Ameidyo Daud Nasution
12 Oktober 2022, 20:34
pssi, shin tae-yong,timnas, mochamad iriawan
ANTARA FOTO/Moch Asim/nz
Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (kanan) menyapa para suporter usai tim Indonesia menang melawan tim Vietnam pada pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022).

Desakan kepada Mochamad Iriawan untuk mundur dari kursi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berbuntut panjang. Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan dirinya akan mundur jika Iriawan lengser dari jabatannya.

Dalam unggahan di akun Instagramnya, Shin menjelaskan alasannya membela Iriawan dari desakan mundur. Ia mengatakan PSSI bekerja dalam bentuk tim mulai dari Ketua Umum hingga pelatih.

"Karena saya pikir, jika terdapat kesalahan dari rekan kerja bersama 1 tim, maka saya juga memiliki kesalahan yang sama," kata Shin Tae-yong dalam unggahan di akun Instagramnya, Rabu (12/10).

Shin mengatakan sepak bola bukanlah olah raga yang bisa dimenangkan oleh satu orang saja. Ia juga merasakan perbaikan yang telah terjadi dalam permainan Timnas sejak 2020 adalah prestasi semua pihak, termasuk Iriawan.

"Sangat disayangkan nyatanya semua tanggung jawab dialihkan kepada Ketua Umum. (Padahal) beliau telah mengembangkan sepak bola secara keseluruhan," katanya.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu juga yakin Iriawan mampu menghadapi persoalan tragedi Kanjuruhan. Shin juga mengucapkan belasungkawa atas jatuhnya korban usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...